Identifikasi, Refleksi dan Benahi Pendampingan Perencanaan Berbasis Data di 5 Provinsi
Tiga (3) langkah sederhana dalam proses Perencanaan Berbasis Data (PBD), yaitu Identifikasi, Refleksi, dan Benahi (IRB), kegiatan tersebut dalam rangka Pendampingan Perencanaaan Berbasis Data yang dilaksanakan BBPPMPV BOE di 5 Provinsi berlangsung hingga Angkatan 3.
Sejalan dalam kegiatan tersebut Simon Sahusilawane, M.Pd selaku Kepala Sekolah Pusat Belajar SMKN 1 Ambon menyampaikan harapannya, bahwa ini merupakan awal untuk sekolah bisa mencapai apa yang diinginkan sesuai dengan visi dan misinya.
“Bagusnya sesuai apa yang kita rancangkan berbasis data melalui evaluasi diri kita juga berdasarkan assessment sekolah,”tegasnya saat memberikan tesimoni pelaksanaan PBD, Kamis(14/09/2023) di PB SMKN 1 Ambon. Beliau sangat mendukung kegiatan tersebut, secara khusus diwujudkan dengan melibatkan seluruh perwakilan dari unsur disekolah untuk menjadi peserta aktif.
Salah satu peserta dari SMK Kesehatan Ambon mengungkapkan, bahwa kegiatan ini sangat luar biasa, sangat bermanfaat serta memberikan pencerahan-pencerahan yang sangat baik oleh BBPPMPV BOE, harapan kedepan sekolah dapat lebih baik lagi melalui raport mutu pendidikan.
Ya…Pendampingan Perencanaan Berbasis Data (PBD) yang dilakukan BBPPMPV BOE bertujuan untuk memberikan perbaikan pembelanjaan anggaran serta pembenahan sistem pengelolaan satuan pendidikan yang efektif, akuntabel dan konkret, tentunya sesuai skala prioritas sekolah masing-masing.
Pelaksanaan pendampingan oleh BBPPMPV BOE didukung oleh Bu Ipah Nur Alydrus kepala sekolah di PB SMKN 3 Ambon, dalam testimoninya beliau berharap melalui pendampingan PBD ini, Sabtu (16/09/2023) “Dapat melihat rapor sekolah kita masing-masing, dan bisa memahami kelebihan maupun kekurangannya sehingga bisa memperbaiki kualitas mutu pendidikan sekolah,” katanya.
Untuk diketahui bahwa dari Dasboard Progres Perencanaan Berbasis Data Provinsi Maluku PB SMKN 3 Ambon satu-satunya sekolah dari 101 SMK yang mengawali explore dan mengunduh raport mutu pendidikan.
Lebih lanjut beliau menceritakan secara khusus bahwa dalam PBD ini telah membentuk tim untuk bekerja dan melihat raport sekolah melibatkan semua unsur Wakasek kurikulum, bendahara, sarpras dan humas bersama-sama melakukan identifikasi dengan mengunduh dan mengexplore raport mutu pendidikan di sekolah.
Antusias peserta dari SMK Primadarma Ambonpun tak kalah dengan peserta lainnya,“Banyak sekali ilmu dan pengetahuan yang diberikan dari pendamping dari BOE sehingga kami mendapat pengalaman dan informasi seperti Platform Merdeka Mengajar (PMM), IKM, strategi para alumni di SMK melalui Tracer Study, “ungkap peserta dari SMKS.
Kegiatan ini sangat baik sekali dan mengisi banyak hal yang belum dapat kami ketahui khususnya dari BBPPMPV BOE Malang untuk lebih intens kedepan, sehingga dapat meningkatkan kualitas mutu pembelajaran di Provinsi Maluku khususnya Pendidikan di kota Ambon, untuk dapat semakin hari semakin baik,” kata Wakasek Kurikulum SMK Kesehatan Ambon.
“Kegiatan hari ini kami sangat senang dan dapat kami terapkan disekolah agar lebih baik lagi kedepan,”ungkap admin dari SMK PGRI Ambon.
Perencanaan Berbasis Data (PBD) merupakan bentuk pemanfaatan data pada platform Rapor Pendidikan sebagai bentuk intervensi satuan maupun dinas pendidikan maupun pemerintah daerah terhadap mutu dan capaian pendidikannya dan bertujuan untuk mencapai peningkatan serta perbaikan mutu pendidikan yang berkesinambungan.
“Saya sangat senang sekali pada kegiatan ini, BOE memang luar biasa karena beberapa kegiatan yang diselenggarakan telah mengupayakan kualitas pembelajaran,”kata Evi Mazidah salahsatu fasilitator guru penggerak yang juga sebagai pengawas Cabdin Pendidikan Menengah dan Pendidikan khusus Kab Seram Bagian Timur Provinsi Maluku.
Pada kegiatan ini diundang perwakilan sekolah dari unsur management dan operator sekolah untuk melakukan Perencanaan Berbasis Data yang dijadikan sebagai dasar penyusunan rencana anggaran kegiatan satuan Pendidikan melalui Arkas di tahun berikutnya.
Facebook Comments