PROGRAM KERJA TAHUN 2023 ZONA INTEGRITAS –WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI (ZI-WBBM)
BIDANG V – PENGUATAN PENGAWASAN


Dalam rangka Reformasi Birokrasi, pengawasan merupakan bagian yang sangat penting. Sesuai program kerja Inspektorat Jenderal selaku APIP (Aparat Pengawasan Internal Pemerintah) BBPPMPV BOE Malang melakukan pemberdayaan Satuan Pengawas Internal (SPI) untuk melaksanakan tugas sebagai pengawas internal dan mitra pimpinan.

Penguatan sistem pengawasan masih terbatas pada pembentukan SPI dan persiapan format monitoring. Beberapa kegiatan monitoring telah dilaksanakan namun belum intensif dilakukan. Analisis kepada Tim SPI telah dilakukan hasil analisis konflik kepentingan. Telah dilakukan perubahan Tim SPI memperhatikan masukan Itjen Kemndikbud. Kotak pengaduan telah dipasang namun belum ditangani oleh Tim SPI.

A. Aspek Pemenuhan
I. Pengendalian Gratifikasi          

  • Public campaign tentang pengendalian gratifikasi     
  • Implementasi Pengendalian gratifikasi 

II. Penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP)    

  • Membangun Lingkungan Pengendalian sesuai karakteristik unit kerja              
  • Melakukan penilaian risiko atas pelaksanaan kebijakan
  • Melaksanakan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir risiko yang telah diidentifikasi
  • SPI telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak terkait

III. Pengaduan Masyarakat         

  • Pengembangan Sistem Pengaduan Masyarakat

IV. Whistle-Blowing System       

  • Whistle Blowing System telah diterapkan
  • Telah dilakukan evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System
  • Hasil evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System telah ditindaklanjuti  

V. Penanganan Benturan Kepentingan

  • Telah terdapat identifikasi/pemetaan benturan kepentingan dalam tugas fungsi utama
  • Penanganan Benturan Kepentingan telah disosialisasikan/internalisasi
  • Penanganan Benturan Kepentingan telah diimplementasikan
  • Telah dilakukan evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan
  • Hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan telah ditindaklanjuti

B. Aspek Reform

  • Mekanisme Pengendalian
  • Penanganan Pengaduan Masyarakat              
  • Penyampaian Laporan Harta Kekayaan
    a. Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN)
    b. Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN)

C. Inovasi

  • Integrasi SPIP dan ISO
  • Video Pendek Aksi Nyata Tolak Gratifikasi