Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
PROGRAM KERJA TAHUN 2023 ZONA INTEGRITAS –WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI (ZI-WBBM)
BIDANG VI - PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK
Layanan publik yang dilaksanakan BBPPMPV BOE mendukung seluruh layanan yang menjadi tanggungjawab Kemendikbud , meliputi Layanan meliputi: 1) Layanan Peserta Didik; 2) Layanan Satuan Pendidikan; 3) Layanan Substansi Pendidikan; 4) Layanan Guru dan Teknik; 5) Layanan Pendidikan Orang Tua/ Keluarga; 6) Layanan Kebudayaan; 7) Layanan Kebahasaan, layanan langsung sesuai tugas pokok dan fungsi, sebagian lainnya pendukung.
A. Aspek Pemenuhan
I. Standar Pelayanan
- Penyusunan kebijakan standar pelayanan
- Maklumat Standar pelayanan
II. Budaya Pelayanan Prima
- Pelatihan dan uji kompetensi petugas pemberi layanan
- Informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media
- Reviu dan sosialisasi panduan reward and punishment baik bagi petugas pemberi layanan maupun bagi penerima layanan
- Telah terdapat sistem pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar
- Terdapat sarana layanan terpadu/terintegrasi
- Terdapat inovasi pelayanan
III. Pengelolaan Pengaduan
- Terdapat media pengaduan dan konsultasi pelayanan yang terintegrasi dengan SP4N-Lapor!
- Terdapat unit yang mengelola pengaduan dan konsultasi pelayanan
- Telah dilakukan evaluasi atas penanganan keluhan/masukan dan konsultasi
IV. Penilaian Kepuasan terhadap Pelayanan
- Telah dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan
- Hasil survei kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbuka
- Dilakukan tindak lanjut atas hasil survei kepuasan masyarakat
V. Pemanfaatan Teknologi Informasi
- Telah menerapkan teknologi informasi dalam memberikan pelayanan
- Telah membangun database pelayanan yang terintegrasi
- Telah dilakukan perbaikan secara terus menerus
B. Aspek Reform
I. Upaya dan/atau Inovasi Pelayanan Publik
- Upaya dan/atau inovasi telah mendorong perbaikan pelayanan publik pada:
1. Kesesuaian Persyaratan
2. Kemudahan Sistem, Mekanisme, dan Prosedur
3. Kecepatan Waktu Penyelesaian
4. Kejelasan Biaya/Tarif, Gratis
5. Kualitas Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan
6. Kompetensi Pelaksana/Web
7. Perilaku Pelaksana/Web
8. Kualitas Sarana dan prasarana
9. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan
- Upaya dan/atau inovasi pada perijinan/pelayanan telah dipermudah:
1. Waktu lebih cepat
2. Pelayanan Publik yang terpadu
3. Alur lebih pendek/singkat
4 Terintegrasi dengan aplikasi"
II. Penanganan Pengaduan Pelayanan dan Konsultasi
- Penanganan pengaduan pelayanan dilakukan melalui berbagai kanal/media secara responsif dan bertanggung jawab
C. Inovasi
- Kemudahan akses kendaraan menuju setiap unit kerja dengan pembangunan jalan lingkar institusi
- Peningkatan layanan informasi dengan tersedianya penunjuk arah yang lebih informatif.