PROGRAM KERJA TAHUN 2023 ZONA INTEGRITAS –WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI (ZI-WBBM)
BIDANG VI - PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK


Layanan publik yang dilaksanakan BBPPMPV BOE mendukung seluruh layanan yang menjadi tanggungjawab Kemendikbud , meliputi Layanan meliputi: 1) Layanan Peserta Didik; 2) Layanan Satuan Pendidikan; 3) Layanan Substansi Pendidikan; 4) Layanan Guru dan Teknik; 5) Layanan Pendidikan Orang Tua/ Keluarga; 6) Layanan Kebudayaan; 7) Layanan Kebahasaan, layanan langsung sesuai tugas pokok dan fungsi, sebagian lainnya pendukung. 

A. Aspek Pemenuhan
I. Standar Pelayanan

  • Penyusunan kebijakan standar pelayanan
  • Maklumat Standar pelayanan

II. Budaya Pelayanan Prima

  • Pelatihan dan uji kompetensi petugas pemberi layanan
  • Informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media
  • Reviu dan sosialisasi panduan reward and punishment baik bagi petugas pemberi layanan maupun bagi penerima layanan
  • Telah terdapat sistem pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar
  • Terdapat sarana layanan terpadu/terintegrasi
  • Terdapat inovasi pelayanan

III. Pengelolaan Pengaduan

  • Terdapat media pengaduan dan konsultasi pelayanan yang terintegrasi dengan SP4N-Lapor!
  • Terdapat unit yang mengelola pengaduan dan konsultasi pelayanan
  • Telah dilakukan evaluasi atas penanganan keluhan/masukan dan konsultasi

IV. Penilaian Kepuasan terhadap Pelayanan

  • Telah dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan
  • Hasil survei kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbuka
  • Dilakukan tindak lanjut atas hasil survei kepuasan masyarakat

V. Pemanfaatan Teknologi Informasi

  • Telah menerapkan teknologi informasi dalam memberikan pelayanan
  • Telah membangun database pelayanan yang terintegrasi
  • Telah dilakukan perbaikan secara terus menerus

B. Aspek Reform
I. Upaya dan/atau Inovasi Pelayanan Publik

  • Upaya dan/atau inovasi telah mendorong perbaikan pelayanan publik pada: 
    1. Kesesuaian Persyaratan 
    2. Kemudahan Sistem, Mekanisme, dan Prosedur 
    3. Kecepatan Waktu Penyelesaian 
    4. Kejelasan Biaya/Tarif, Gratis 
    5. Kualitas Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan 
    6. Kompetensi Pelaksana/Web 
    7. Perilaku Pelaksana/Web 
    8. Kualitas Sarana dan prasarana 
    9. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan
     
  • Upaya dan/atau inovasi pada perijinan/pelayanan telah dipermudah:
    1.  Waktu lebih cepat
    2.  Pelayanan Publik yang terpadu
    3.  Alur lebih pendek/singkat
    4 Terintegrasi dengan aplikasi"

II. Penanganan Pengaduan Pelayanan dan Konsultasi

  • Penanganan pengaduan pelayanan dilakukan melalui berbagai kanal/media secara responsif dan bertanggung jawab

C. Inovasi

  • Kemudahan akses kendaraan menuju setiap unit kerja dengan pembangunan jalan lingkar institusi
  • Peningkatan layanan informasi dengan tersedianya penunjuk arah yang lebih informatif.