Penataan Tatalaksana
PROGRAM KERJA TAHUN 2023 ZONA INTEGRITAS –WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI (ZI-WBBM)
BIDANG II - PENATAAN TATALAKSANA
Penataan area Tata Laksana diharapkan mendukung reformasi birokrasi khususnya penciptaan layanan organisasi yang cepat, valid, transfaran, dan akuntabel. Moto layanan yang dikembangkan meliputi: Cepat, Tepat, Akurat dan Ramah (CeTAR). Keramahan budaya timur selalu mewarnai layanan bermutu yang diberikan. Pemanfaatan Teknologi Informasi merupakan strategi dalam mendukung penataan ketatalaksanaan organisasi.
A. Aspek Pemenuhan
I. Prosedur Operasional Tetap (SOP) Kegiatan
- SOP mengacu pada peta proses bisnis instansi
- Prosedur operasional tetap (SOP) telah diterapkan
- Prosedur operasional tetap (SOP) telah dievaluasi
II. Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)
- Sistem pengukuran kinerja unit sudah menggunakan teknologi informasi
- Operasionalisasi manajemen SDM sudah menggunakan teknologi informasi
- Pemberian pelayanan kepada publik sudah menggunakan teknologi informasi
- Telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan pemberian layanan kepada publik
III. Keterbukaan Informasi Publik
- Kebijakan tentang keterbukaan informasi publik telah diterapkan
- Telah dilakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publik
B. Aspek Reform
I. Peta Proses Bisnis Mempengaruhi
- Telah disusun peta proses bisnis dengan adanya penyederhanaan jabatan
II. Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)
- Implementasi SPBE telah terintegrasi dan mampu mendorong pelaksanaan pelayanan publik yang lebih cepat dan efisien
- Implementasi SPBE telah terintegrasi dan mampu mendorong pelaksanaan pelayanan internal organisasi yang lebih cepat dan efisien
III Transformasi Digital Memberikan Nilai Manfaat
- Transformasi digital pada bidang proses bisnis utama telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimal
- Transformasi digital pada bidang administrasi pemerintahan telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimal
- Transformasi digital pada bidang pelayanan publik telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimal
C. Inovasi
- sim bmn
- sikap+
- SP penjaminan mutu
- Digitalisasi Standard Kepuasan Masyarakat
- Digitalisasi dan Sosialisasi Evaluasi Pemanfaatan IT